Random posts

Arti Kiasan Dasar Pramuka Penegak



Arti Kiasan Dasar Pramuka Penegak -
Penegak adalah anggota muda Gerakan pramuka yang berusia 16-20 tahun. Arti Kiasan Dasar Pramuka Penegak di ambil dari istilah masa menegakkan negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945.

Secara umum usia penegak di sebut dengan masa sosial atau di sebut juga dengan masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri, memiliki semangat yang kuat, suka berdebat, kemaunnya kuat, agak sulit dicegah kemauannya apabila tidak melalui kesadaran rasionalnya, ada kecenderungan agresif sudah mengenal cinta dengan lain jenis kelamin.

Penegak terdiri dari dua tingkatan yaitu : 

1. Penegak Bantara 
2  Penegak Laksana

Arti Kiasan penegak bantara dan laksana yaitu dalam pembangunan di dalam masyarakat kita memerlukan atau membutuhkan bantara-bantara atau bisa di artikan sebagai ajudan, pengawas, kader pembangunam yang kuat, baik, terampil dan bermoral yang sanggup melaksanakan pembangunan di masyarakat. 

Di dalam golongan Penegak satuan terkecilnya di sebut dengan sangga yang beranggotakan 6-8 Pramuka penegak. Sangga mengandung pengertian sebagai penopang. Sangga dalam ambalan memberi pengertian sebagai penopang kegiatan yang dilakukan secara terus menerus. Sangga juga mempunyai arti sebagai rumah kecil ( gubug, saung ) tempat merencanakan berbagai kegiatan. Nama Sangga biasanya di susun sesuai dengan kiasan dasar yakni : Sangga Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas dan Pelaksana. 
Setiap sangga memiliki pemimpin sangga dan wakil pemimpin sangga yang di pilih berdasarkan hasil musyawarah sangga. 

Kumpulan dari beberapa sanggga di sebut dengan Ambalan. Ambalan adalah Satuan kelompok Pramuka Penegak yang terdiri dari atas 12-32 Pramuka Penegak. Kata Ambalan berasal dari bahasa jawa ambal-ambalan, yakni kegiatan yang dilakukan terus menerus oleh sekelompok orang  

Ambalan Penegak mengandung pengertian kiasan dasar yakni kegiatan bakti dan persaudaraan yang terus menerus dilakukan dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan Bangsa. Ambalan atau ambal dalam bahasa lampung mengandung pengertian karpet indah yang paling lebar yang di gunakan untuk bermusyawarah. Ambalan mempunyai konotasi lain yaitu sebagai wadah berkumpul melakukan suatu musyawarah sebelum melakukan kegiatan kegiatan. 

Nama Ambalan umumnya menggunakan nama pahlawan. Namun tidak menutup kemungkinan nama Ambalan juga di ambil dari nama-nama senjata atau nama kerjaan dalam sejarah. pewayangan atau cerita legenda. 
Dalam pemilihan nama tentunya di ambil yang terbaik menurut anggota ambalan, Sehingga memiliki kebanggan bagi seluruh anggota Ambalan. 

Ambalan di pimpin oleh seorang ketua di sebut Pradana yang di pilih berdasarkan nusyawarah anggota ambalan. Ambalan ini berlaku baik ambalan putra maupun putri jadi istilahnya tetap Pradana  bukan Pradani. 

Post a Comment

0 Comments