Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja Perlengkapan Kelompok Dalam Berkemah

Pramuka Saka Bakti Husada Jenu ( Dok. Fasta ) 



Apa saja Perlengkapan Kelompok Dalam Berkemah

Perlengkapan apa saja sih kak, yang harus di siapkan untuk kebutuhan kelompok, Regu, atau Sangga dalam kegiatan berkemah. Ada beberapa hal yang harus di siapkan dan bekerja sama dengan satu kelompok.
Kegiatan Berkemah tidak boleh egois atau mementingkan diri sendiri. Karena nantinya dalam beberapa hari berkemah akan mendirikan, tidur dan hidup bersama di perkemahan.
Selain perlengkapan Pribadi masing-masing yang harus di siapkan ada kebutuhan perlengkapan Kelompok. Adapun alat-alat tersebut adalah :

1. Tenda dan Perlengkapan ( tiang, tali, pasak, dsb )
2. Tikar, Plastik, atau alas tenda
3. Lentera, Lampu badai, petromaks.
4. Peralatan Memasak ( Kompor, penggorengan, panci, Ember dsb )
5. Peralatan Kerja Bakti ( Golok, Palu, Kapak, Sekop, dan Cangkul, dll )
6. Bendera ( Bendera Regu atau Sangga, Tunas Kelapa )
7. Perlengkapan kegiatan ( Tambang, Tongkat, Kompas, Peluit, dsb )
8. Buku-buku administrasi Regu atau sangga
9. Surat – surat ( Mandat, Izin, dsb )
10. Kamera Foto
11. Jam Walker / Alarm
12. Kotak PPPK

Untuk kebutuhan Kelompok juga menyesuaikan kondisi yang ada. Tenda biasanya selain menggunakan Tenda segitiga juga menggunakan tenda dome atau menggunakan dari terpal. Tergantung dari tema kegiatan yang di usung. Kemudian masalah lampu biasanya selain di tempat lokasi berkemah sudah di sediakan penerangan, namun ketika di tenda juga membutuhkan penerangan. Sehingga wajib hukumnya ada lampu di tenda bisa pakai lentera, lampu badai, atau lampu senter yang besar bisa cas.

Perlengkapan memasak juga tergantung kebutuhan dan tema kegiatan jika kegiatan berkemah bernuansa alami bisa menggunakan bahan bakarnya kayu, atau bisa menggunakan paravin, atau kompor gas kecil yang biasanya di gunakan pendaki naik gunung. Selain itu juga ada sekarang yang lebih modern kompor gas LPG. Semua tergantung medan dan tema dari kegiatan mau di buat seperti apa.

Selanjutnya, Perlengkapan Bakti tidak perlu juga membawa alat semua itu, Namun kembali lagi semua tergantung kebutuhan medan yang mau di tempati. Seharusnya sebelum berkemah sudah harus di survei jadi ketika mau berangkat perlengkapan apa saja yang harus di bawa sudah jelas jadi tidak perlu membawa alat berat / benda tajam terlalu banyak.
Kotak Perlengkapan PPPK setiap regu atau sangga semestinya selalu harus ada untuk kebutuhan kesehatan regunya. Di dalam kotak di isi obat-obat ringan untuk perawatan luka, obat sakit kepala, obat nyeri, minyak kayu putih dll. Selain obat kebutuhan kelompok juga harus ada obat pribadi milik peserta yang mempunyai penyakit khusus atau sering kambuh. Jadi harus di antisipasi sebelum berangkat kegiatan.

Kebutuhan perlengkapan berkemah memang kelihatan sepele, namun jika dalam berkegiatan di alam bebas para peserta tidak membawa perlengkapan atau peralatan lengkap bisa merugikan diri sendiri maupun kelompok.

Persiapakanlah segala apapun itu dengan baik. Agar kelak dalam menghadapi segala situasinya sudah bisa tertangani dengan baik. Berkemahlah dengan santun. Jangan rusak alam dan jagalah kesopanan di daerah atau kawasan lingkungan orang lain. Ingat kita adalah tamu jadi harus menghargai juga ke arifan lokal yang ada di sana.  

Posting Komentar untuk "Apa saja Perlengkapan Kelompok Dalam Berkemah"