Random posts

Kak Slamet berikan materi tentang penyakit zoonosa kepada anak SBH Jenu

Kak Slamet memberikan materi kepada Anggota Baru SBH Jenu

PRAMUKA TUBAN - Saka Bakti Husada Kwarran Jenu  melaksanakan kegiatan latihan rutin di Mushola Puskesmas Jenu. Jum'at, (20/09). Dalam pertemuan tersebut di hadiri oleh seluruh anggota SBH Jenu. Latihan rutin setiap jum'at di awali dengan kegiatan apel kemudian di lanjutkan dengan berlatih LBB. 

Dalam kesempatan kali ini Kak Slamet Riyadi selaku Instruktur Krida Bina Pengendalian Penyakit. memberikan materi tentang penyakit zoonosa. dalam penuturannya beliau mengatakan bahwa penyakit zoonosa terbagi menjadi 4 yaitu toxoplasmosis, Brucellosis, Hantavirus, dan Taeniasis / Cysticercosis. 

"Penyakit Toxoplasmosis yaitu penyakit yang di sebabkan oleh parasit toxoplasma gondii yang mempunyai banyak gejala klinis pada manusia.  Adapun Gejalanya pada orang yang kekebalannya rendah dapat menyebabkan infeksi otak, infeksi mata, radang paru, radang otot jantung dan dapat menyebabkan kematian,” kata Pria yang memakai kaca mata.

Kemudian dalam lanjutan penuturannya Bapak Slamet menjelaskan bahwa penyakit Brucellosis yaitu penyakit bakteri sistematik degan gejala akut, demam terus menerus baik turun/tidak tentu dengan jangka waktu yang bervariasi. Adapun Gejalanya sakit kepala, lemah, berkeringat, menggigil, sakit sendi, depresi, BB menurun dan sakit seluruh tubuh.

“Selanjutanya penyakit Hantavirus yaitu penyakit infeksi virus yang ada pada tikus dapat menular ke manusia. Adapun Gejalanya demam, nyeri otot, pusing, kebocoran dinding kapiler. Lha Cara pencegahannya menjaga kebersihan lingkungan dari kotoran sehingga jauh dari tikus masuk ke dalam rumah,” Jelas Kak Slamet

“Jangan menyapu dan menyedot debu di daerah yang tercemar tikus, hindari menghirup debu pada saat membersihkan tempat yang sebelumnya tidak pernah di huni, lokasi yang terkontaminasi binatang pengerat hendaknya dilakukan desinfeksi dengan menyemprotkan desinfektan (misalnya degan cairan pemutih) sebelum di bersihkan,” Imbuhnya

Penyakit Taeniasis / Cysticercosis yaitu suatu infeksi pada saluran pencernaan oleh cacing taenia dewasa, cysticercosis adalah penyakit/infeksi yang terjadi pada jaringan lunak yang di sebabkan oleh larva dari salah satu spesies cacing taenia yaitu taenia solium. Gejalanya nyeri perut, pusing, diare, sembelit bahkan dapat terjadi kejang/epilepsi.

Cara pencegahannya dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setelah kontak dengan binatang, memasak daging sampai matang sempurna, mencegah terjadinya pencemaran tinja terhadap tanah, air, makanan dan pakan ternak, menjaga kebersihan lingkungan.

Akhir penutupan materi di harapkan para peserta dari Anggota baru Saka bakti Husada Jenu dapat menambah wawasan dan menyebarkan dengan luars informasi atau materi yang sudah di dapatkan. Serta yang paling penting bisa di terapkan dalam pengendalian penyakit di kehidupannya sehari-hari. (Fbk)


Post a Comment

0 Comments