Random posts

Arti Kiasan Pramuka Penggalang


Arti Kiasan Pramuka Penggalang 

Penggalang adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 11-15 tahun. Pada usia tersebut anak anak memiliki sifat keingintahuan yang tinggi, semangat yang kuat, sangat aktif, dan suka berkelompok. Oleh karena itu titik berat  dari latihan Pasukan penggalang terletak pada kegiatan regu yang di dasari oleh sistem beregu dalam seluruh pelaksanaan kegiatan Pasukan Penggalang. 
Istilah Penggalang di ambil pada cerita masa menggalang persatuan dan kesatuan yang sekarang di sebut sebagai hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. 
Penggalang terdiri dari tiga tingkatan yaitu 
1. Penggalang Ramu 
2  Penggalang Rakit
3. Penggalang Terap 

Arti Kiasannya dari tingkatan penggalang yaitu. bangsa kita mencari ramuan atau bahan bahan serta kemudian dirakit dan akhirnya kita terapkan dalam pembangunan bangsa dan negara. 

Wadah pembinaan Pramuka Penggalang disebut Pasukan Penggalang yang secara filosofis bermakna sebagai pasukan pasukan di masa perjuangan kemerdekaan bangsa dalam menggalang persatuan dan membangun jiwa patriotisme dan nasionalisme. Kata "Pasukan" berasal dari kata pa-suku-an yakni tempat para suku berkumpul. Pada umumnya, pasukan penggalang putera mengambil nama-nama senjata sebagai nama pasukannya, seperti " Pasukan Pasopati", "Pasukan Trisula Pamungkas" dan lainnya. Pasukan Puteri umumnya mengambil nama nama mitos sebagai nama pasukannya seperti "Pasukan Rara Jonggrang", " Pasukan Dewi Bulan" dan lainnya. 
Pasukan Penggalang idelanya terdiri dari 3 sampai 4 Regu dengan anggota 6-8 anak. Kata "Regu" berarti gardu atau pangkalan  untuk meronda . 
Setiap regu memiliki nama regu yang merupakan simbol kebanggaan regu.  Nama regu putera menggunakan lambang binatang. sedangkan nama regu puteri menggunakan simbol bunga atau tanaman. 


Post a Comment

0 Comments