Random posts

Arti Kiasan Pramuka Siaga


Kiasan Dasar Pramuka Golongan Siaga 

Siaga adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 7 - 10 tahun. Pada usia tersebut anak anak-anak memiliki sifat unik yang sangat beraneka. 
Kehidupan siaga masih berkisar di seputar keluarga sebagai pusat aktivitasnya. Atas dasar tersebut pembinaan pramuka siaga dikiaskan sebagai "Keluarga Bahagia" di mana terdapat yanda, bunda, pak cik dan bu cik. 
Arti kiasan kata Siaga adalah masa menyiagakan masyarakat ketika menghadapi  pemerintah kolonial Belanda dalam merintis kemerdekaan RI. Ditandai dengan masa Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908.

Siaga terdiri dari tiga tingkatan Kecakapan umum. yakni : 
1. Siaga Mula 
2. Siaga Bantu 
3. Siaga Tata 

Dalam satuan gugus depan sebagai perhimpunannnya pramuka siaga disebut Perindukan Siaga. Perindukan idealnya terdiri atas 18-24 Pramuka Siaga yang di bagi ke dalam 3-4 kelompok yang disebut Barung. 
Untuk melaksanakan tugas di tingkat Perindukan, di pilih Pemimpin Barung Utama, di panggil sulung yang di pilih dari para pemimpin barung. 
Kata perindukan berasal dari kata induk. Perindukan berarti tempat anak anak menginduk menjadi satu. 
Kelompok kecil dalam perindukan siaga di sebut barung. Kata barung berarti rumah jaga suatu bangunan.
Setiap barung baik siaga putera maupun siaga puteri memiliki nama barung yang di ambil dari nama warna seperti Barung merah, Biru, Hijau, Putih, dan Barung Kuning. setiap warna memiliki makna dan kiasannya, dan nama Barung merupakan cerminan sifat-sifat. 
Formasi barisan pada upacara pembukaan dan penutupan latihan siaga adalah berupa lingkaran di mana Pembina berada di dalamnya, berdiri di tengah lingkaran di belakang bendera. Bentuk lingakran menyiratkan dunia siaga yang masih dilindungi dan dibina sepenuhnya oleh pembinanya  Hal inj memberi makna bahwa di dalam pembinaan siaga, porsi terbesarnya adalah Ing ngarsa sung tulada, atau di depan memberi tauladan/contoh. sedangkan porsi ing madya mangun karsa dan tut wuri handayani porsinya lebih kecil. Bentuk upacara ini juga mengkiaskan bahwa norma dan tata nilai bagi siaga mengikuti cermin kepribadian pembinanya. 

Post a Comment

0 Comments