Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan ikut Pramuka Tujuannya untuk apa sih?

 

Apa tujuan kita untuk pramuka? alasan masuk pramuka Manfaat Pramuka Motivasi ikut pramuka  motivasi masuk pramuka  alasan mengikuti pramuka

Alasan ikut Pramuka Tujuannya untuk apa sih? 

Sering sekali saya mendapat pertanyaan seperti ini, terlebih pada teman teman yang belum pernah sama sekali ikut pramuka. Bisa jadi juga teman teman yang sudah ikut pramuka tapi ikutannya musiman. 

Pertanyaan diatas akan saya jawab sesuai dengan pengalaman dan hal yang saya rasakan perubahannya selama ini.  

Sejak SD entah apa yang merasukiku saya suka sekali dengan kegiatan pramuka, berkegiatan di luar kelas, bermain bersama teman teman dan belajar hal hal baru yang baru aku ketahui bahkan belajarnya bisa senang dan mudah paham. 

Dulu saya tergolong anak paling bodoh di kelas, tapi entah kenapa pada saat momen mau kemah saya menjadi kandidat untuk menjadi peserta perkemahan di kwarran. 

Ada syarat yang harus saya tempuh, ketika bisa dikatakan layak untuk berangkat. hari itu juga dalam waktu 30 menit saya di beri waktu untuk menghafal dasa dharma dan Tri satya untuk mengucapkan secara langsung di hadapan pembina. 

hati ini rasanya tidak karuan, senang dan bahagia tapi khawatir tidak lolos. Untungnya saya waktu itu sudah lumayan hafal untuk dasa dharma dan tri satya sehingga tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk menghafal. 

Waktu sudah habis, saya di panggil untuk mengucapkan Dasa Dharma dan Tri Satya. Oke saya ucapkan dengan sempurna hati saya lega dan akhirnya saya bisa lulus untuk bisa bergabung di regu untuk perwakilan gudep ke perkemahan kwarran. 

Hal yang baru sadari ternyata salah satu sebab kenapa saya termasuk anak yang di pilih karena waktu itu saya bisa tali temali untuk pembuatan dragbar. ternyata ada lomba tali temali. Alhamdulillah menang dong, dari situ benih benih semangat belajar mulai semakin tumbuh. 

Saat itu lah, Muncul Kecintaan terhadap belajar

Ini menjadi motivasi yang mendasar, dan awal pondasi hingga saat ini. untuk giat dalam belajar tentang semua hal. kalau sudah ada satu hal yang di cintai menjadi pemicu semangat dalam belajar. 

Contoh aja jika sudah remaja, kalau kamu suka seseorang terus orang itu mengajakmu untuk belajar suatu hal. pasti kamu lebih semangatkan. itu bisa menjadi pemicu semangat untuk belajar. 

Alasan lain untuk ikut Pramuka ? Simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Dari pramuka karakter saya terbentuk

Manusia terlahir di dunia itu kondisinya semua sama. tinggal dalam proses perjalanan hidupnya mau di bentuk seperti apa. 

di Pramuka, banyak karakter secara tidak sadar terbentuk terkhusus pada saat mulai menginjak usia penggalang, banyak sekali diklat diklat yang saya alami. 

Mulai kisah saya awalnya pegang mic gemeteran, di latih untuk berani berkomunikasi di depan. ngomong dengan teman - teman satu regu, sampai satu sekolahan untuk menjelaskan sebuah materi. 

awalnya memang tidak secanggih kakak kakak pembina. tapi dari sini saya merasakan betul proses yang harus saya lalui tidak hanya sebuah teori cara berbicara di depan tapi perlunya jam terbang 

Hinga waktu berlalu, sampai penegak saya mengembangkan sayap memberikan materi di gudep gudep  lain di tingkatan di bawah saya. untuk melatih keberanian dan cara menyampaikan materi. lama kelamaan rasa minder dan badan gemeter bisa hilang dengan sendirinya. 

Awalnya dulu, kurang disiplin. gara gara waktu diklat di biasakan untuk menghargai waktu sesuai jam. latihan LBB secara tidak langsung juga membuat kebiasaan hati kita untuk belajar hidup ini lebih tertib. 

Masih banyak bentukan karakter lain. yang saya rasakan perbedaannya ketika semakin sering waktu mendapatkan pendidikan dan pelatihan. 

Kenangan paling indah yang saya alami saya pernah merasakan pedih dan pahitnya pendidikan Brigade Penolong 13 Jawa Timur di Batalyon Kavaleri Tank Pasuruan Jawa Timur.

Meskipun saya sudah sering sekali diklat ketika di gudep dan di saka. ternyata juga banyak sekali hal yang saya dapatkan di diklat waktu itu saya benar benar di ajari cara makan ala pejabat, makan komando untuk bisa menghargai sebutir nasi.apa lagi kalau di ingatkan saudara kita yang terkena bencana. kita bisa makan enak disini. 

Apakah kalian pernah berfikir bagaimana makanan mereka disana. apakah bisa selayak kamu. 

hati ini langsung nyes. tak mampu rasanya. apa lagi teringat saudara saudara kita yang memang kondisi ekoniminya sedang di bawah. untuk makan sesuap nasi saja susah.

Bisa belajar dan tahu arti kesederhanaan 

Pramuka jaman dulu, memang betul saya rasakan beda banget dengan saat ini. Kalau dulu bangun tenda pakai tenda segitiga, kalau tidak begitu buat tenda bivak tapi pakai banner atau spanduk kecil.

kita benar benar di latih dengan alat seadanya dan bisa kita gunakan untuk tempat istirahat. 

Waktu makan juga begitu, dulu lebih sering masak. untuk apa, kan sudah zaman modern. memang tapi skill memasak itu juga perlu memasak hal hal yang mudah, masak air, masak nasi, buat mie. ini yang paling sederhana. 

Kesederhaan inilah yang menjadikan latihan batin kita, untuk selalu bersyukur dalam segala kondisi, kita belum tahu masa depan kita akan seperti apa. kita di pramuka di bina jadi orang yang sederhana siap, tidur di lapangan bisa tidur di hotel juga bisa. 

pramuka itu bisa hidup dimana mana dengan senang hati. ketika kita lagi posisi di atas kita tidak terlena, ketika di bawah kita tidak kaget. maka perlunya di latih pas di pramuka saat ini juga masih sama kemahnya juga di bumi perkemahan, kadang di hutan. untuk melatih rasa kesederhaaan ini. 

Pramuka adalah Jembatan Masa Depan

Lho kuk Jembatan Masa Depan, iya betul di Pramuka kalian bisa belajar banyak hal untuk mempersiapkanmu di masa depan, selain hal yang ada di atas tadi. 

Misal kamu ingin jadi tentara, ikuti saja pramuka dan peljari semua materinya, seperti PBB, Tali Temali, Survival, Montenering, Bivak, Kompas dll. Semua materi itu untuk bekal ketika pendidikan jadi TNI. 

Kalau sudah penjurusan kamu sudah tidak bingung lagi. karena kamu sudah dapat bekal. tinggal moles aja materinya kan kamu sudah terbiasa dengan materi materi itu. 

Kalau kamu ingin jadi Guru, hal itu sama kamu bisa belajar pramuka lanjutkan hingga jenjang menjadi pembina nanti kamu akan tahu metode dan pengalaman mengajar berbagai karakter anak anak dan bagaimana formula cara mendidiknya. 

Kalau kamu ingin jadi pengusaha. kan kamu sudah di latih bagaimana cara manajemen teman kalian waktu jadi panitia, sudah jago membuat anggaran kegiatan. pastinya sudah terlatih dan tidak kaget ketika memasuki dunia usaha. mental sudah di latih, keterampilan juga sudah. lantas tinggal menambah ilmu ilmu pelengkapnya saja. 

Jika kamu ingin menjadi dokter atau perawat, saat kamu masih usia penegak di Pramuka ada yang namanya Saka Bakti Husada, Kamu bisa ikut belajar disana. kamu nanti selain materi pramuka terlebih akan belajar banyak tentang dunia kesehatan, ketika kamu sudah lulus SMA kamu masuk di sekolah perawat, dokter dll kamu sudah dapat bekal materi banyak dan tinggal melanjutkan. 

Bagaimana, betulkan Pramuka adalah Jembatan Masa Depan, ya tinggal kita saja melangkahnya kemana. 

Pramuka itu banyak kawan, 

Anak Pramuka itu memiliki agenda kegiatan pertemuan perkemahan rutin ada yang agenda tahunan, 5 tahunan dll baik mulai dari tingkat gudep, kwarran hingga internasional. 

Kalau kalian sering ikut kegiatan kemah dimana mana, otomatis semakin luas perkenalanmu, semakin banyak kawanmu. 

ketika kamu ada di suatu daerah ada kendala misalnya dan kita sudah akrab dengan teman teman kita yang jauh, Insya allah urusan kita akan lebih mudah ketika ada kendala. 

ketika sudah besar nanti, bisa jadi bikin usaha sesama teman atau kerjasama dengan teman teman pramuka yang lain yang memang kebetulan satu jenis usahanya. 

Banyak lagi manfaat banyak kawan itu. rasakan sendiri besok ketika kamu sudah pernah kegiatan dimana mana. 

Kesiapan dalam hal dunia kerja, terlatih sejak dibina di pramuka

Anak Pramuka kalau sejak dulunya waktu pendidikannya sudah bagus, karakternya sudah terbentuk. Insyallah akan lebih mudah masuk dunia kerja. karena apa karakter jujur, berani, disiplin, bertanggung pasti sudah tertanam di jiwanya. 

Selain itu ada kisah ini contohnya ketika waktu dulu pramuka enak-enak tidur terus di bangunkan untuk aktifitas kegiatan malam. 

Lha pada saat sudah besar, kamu ternyata kerja di pabrik misalnya dapat jatah shift 3 atau berangkat kerjanya biasanya jam 11 malam. 

ini kalau tidak terbiasa dan terlatih, pasti terasa berat untuk menjalani kerasnya kehidupan orang dewasa. 

di saat orang orang istirahat, kita di bangunakan untuk kegiatan ternyata ini lo salah satu manfaat di masa depan yang bisa kita rasakan. 

mungkin saat ini kamu berfikir, ngapain enak enak tidur di rumah di suruh tidur di tenda, harus kegiatan malam. 

Coba kalian sekarang bayangkan kalau kalian kerja usaha rumah makan, bukanya pagi kalian sudah harus bangun jam 2 untuk mulai masak untuk rumah makan atau catering. 

dari sini, semoga dapat menambah wawasan dan keterbukaan pemikiran untuk adik adik pramuka. 

supaya kegiatan pramuka semakin giat, tidak hanya berlomba untuk foto tapi benar benar kalian manfaatkan untuk melatih dan dibina karakter diri kalian. 

Tak banyak yang saya harapkan, semoga kalian kuat dan mampu untuk menghadapi dunia dewasa. 

Semoga tulisan ini dapat menginpirasi, jika kalian merasa ini baik bisa kalian share ke temen temen yang lain. 

Terima kasih, Salam Hangat dari saya 


Posting Komentar untuk "Alasan ikut Pramuka Tujuannya untuk apa sih? "