Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sih kegunaan tongkat di Pramuka ? Ada yang tahu gak ?



Fungsi tongkat untuk lomba Pionering di Kwarran Semanding - Tuban ( Foto : Fasta ) 
Apa sih kegunaan tongkat di Pramuka ? Ada yang tahu gak ?

Apa sih kegunaan tongkat ? pasti disini sudah banyak yang tidak asing dengan tongkat Pramuka tapi sudah tahu belum kegunaan dan manfaat tongkat dalam kegiatan Pramuka. Jika belum tahu yuk simak penjelasan berikut.

Tongkat Pramuka selain sebagai kelengkapan bagi seorang Pramuka. Tongkat mempunyai banyak kegunaan dan tongkat merupakan salah satu kebanggan bagi pramuka, bisa juga di sebut sebagai sahabat anak pramuka kemana-mana bawa tali dan tongkat. Betul bukan, hal ini bisa di buktikan dengan pemberian tongkat pada waktu pelantikan. Tongkat adalah kawan bagi setiap Pramuka di dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tugas, berkemah, perjalanan.

Kegunaan tongkat pramuka diantaranya adalah

1. Sebagai tiang tenda / tenda darurat seperti bivak

2. Sebagai tiang bendera

3. Sebagai tempat sepatu

4. Sebagai alat penghalau hewan liar, misalnya untuk anjing galak

5. Untuk menyebrang selokan, di gunakan untuk mengukur ke dalaman bisa di gunakan di sungai atau tempat yang membutuhkan di cek kedalamannya.

6. Sebagai tiang jemuran

7. Untuk membuat tandu bisa untuk dragbar

8. Untuk membuat jembatan kecil

9. Untuk memadamkan api

10. Untuk membantu mengukur jarak, tinggi dsb

11. Sebagai kawan di waktu mendaki

12. Sebagai alat-alat berpegangan di waktu malam hari, agar tidak mudah tersesat atau tergelincir karena ada halang rintang di depan

13. Untuk di buat duduk. Bisa untuk kursi darurat

14. Untuk kelengkapan baris berbaris

15. Untuk alat bela diri

16. Untuk memanjat tembok yang tinggi

Dan masih banyak yang lain kegunaannya. Yuk komen di bawah ini hal apa saja yang kalian tahu mengenai kegunaan tongkat Pramuka. Kamu sudah bisa menggunakan tongkat Pramuka untuk apa saja. Share di kolom komentar ya

Karena banyak sekali manfaat dari tongkat Pramuka, Maka rawatlah tongkatmu dengan sebaik mungkin. Seolah-olah saudaramu sendiri. Ukuran tongkat yang baik adalah 160 cm. Tetapi menurut Baden Powell tongkat itu sebaiknya setinggi hidung masing-masing pandu, agar bisa di gunakan semaksimal mungkin. Namun untuk yang ukuran standart Pramuka di Indonesia yaitu 160 cm.

Terima kasih, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Apa sih kegunaan tongkat di Pramuka ? Ada yang tahu gak ?"