Random posts

Arti Kata Motto Gerakan Pramuka



Sumber Foto : Kodim 0818 Kemah Bakti


Arti Motto Gerakan Pramuka

Mottto Gerakan Pramuka mungkin adik-adik pramuka saat ini sering mendengar kata ini, Namun sudahkah mengetahui Motto dan arti dari kata tersebut. 

Biasanya kata-kata ini sering di ucapkan oleh Kakak Pembina dalam menyampaikan materi dan kebanyakan pula di sebut di forum-forum Pembina Pramuka

Untuk Motto Gerakan Pramuka ada 2 yaitu Motto untuk Pembina dan Motto yang untuk Pramuka 

Motto adalah semboyan yang diciptakan dalam usaha untuk memberikan semangat (spirit) kepada anggota dalam visi dan misi lembaga dalam mencapai sebuah tujuan. 

Motto Pembina Pramuka ”IKHLAS BAKTI BINA BANGSA BER BUDI BAWA LAKSANA”

Artinya Pembina di harapkan dalam melakukan pembinaan mempunyai tekat yang sungguh-sungguh dalam membina anak bangsa, Berbudi Bawa Laksana artinya perilaku atau watak yang baik, bagus, suka memberi tidak suka marah serta luas hatinya, bawa bisa di artikan ucapan sedangkan laksana bisa di artikan jalan atau tindakan, sehingga bawa laksana bisa di artikan kesatuan ucapan dan tindakan. 

Jika di jadikan satu IKHLAS BAKTI BINA BANGSA BER BUDI BAWA LAKSANA bisa di artikan Seorang Pembina mempunyai tekat dan keyakinan yang bersungguh-sungguh dalam berbakti kepada bangsa untuk pembinaan generasi muda serta berwatak dan  perilaku yang baik, kemudian memiliki kesamaan antara ucapan dan tindakan. dari sini bisa menjadi contoh yang baik untuk anak didik dalam menjalankan proses kehidupan.  serta memupuk jiwa dan rasa percaya diri pada peserta didik untuk mencintai Negara serta Bangsa Indonesia. 

Motto Gerakan Pramuka merupakan motto tetap dan tunggal bagi Gerakan Pramuka 

”SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN ”

Arti kata SATYA KUDARMAKAN yaitu Satya berarti Janji Pramuka, Ku berarti Aku serta Darma Artinya Kode Etik Pramuka bagi anggota Gerakan Pramuka

Arti Kata DARMAKU KUBAKTIKAN yaitu Darma berarti Kode Etik Pramuka bagi anggota Gerakan Pramuka yang isinya ada 2 Point bagi Anggota Golongan Siaga dan ada 10 Point bagi Golongan Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa. 

Jadi Arti Kata SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN adalah Merupakan sebuah janji seorang Pramuka yang harus di amalkan, di hayati serta  mengamalkan  Dwi Darma atau Dasa Darma Pramuka untuk di terapkan dalam kehidupannya sehar-hari. 

Janji Pramuka Siaga adalah Dwi Satya 
Janji Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa adalah Tri Satya 

Darma Pramuka / Kode Etik Siaga adalah Dwi Darma 
Kalau Darma Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa adalah Dasa Darma

Penjelasan di atas saya dapat ketika saya belajar dengan kakak kakak pembina serta pelatih sehingga membuat kesimpulan seperti itu, jika ada yang kurang dalam penyampaian dan penjelasan mohon koreksi untuk menambah wawasan lebih luas lagi. 

Post a Comment

0 Comments