Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka ?



Apa sih Pengertiannya Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka ?

Mungkin istilah ini sudah sering kita dengar, Namun mohon maaf kita terkadang salah kaprah dalam menempatkannya. Disini saya akan menjelaskan atas apa yang sudah saya dapatkan dan saya pahami. 

Pengertian antara Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka sering kali disamakan bahkan saling tertukar. Jangankan oleh orang yang awam  dan tidak pernah menjadi Pramuka, banyak di antara anggota Gerakan Pramuka sendiri yang bingung dalam menerangkan pengertian ketiga hal tersebut. Padahal dari ketiga hal tersebut mengandung pengertian yang berbeda namun saling terkait.

Kali ini Kak Fasta akan memberikan sedikit perbedaan pengertian tentang Kepramukaan, Gerakan Pramuka, dan Pramuka.

Pengertian Pramuka. 
Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga yang berusia 7 - 10 Tahun, Pramuka Penggalang yang berusia 11 - 15 Tahun, Pramuka Penegak yang berusia 16-20 Tahun dan Pramuka Pandega yang berusia 21 - 25 Tahun. Selanjutnya Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing. Seorang Pramuka harus telah dilantik menjadi anggota Gerakan Pramuka dengan mengucapkan satya (janji) pramuka.

Pengertian Kepramukaan
Kepramukaan sebagaimana tercantum dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka (Bab II Pasal 7) adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK), yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

Pengertian Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka adalah Nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya.

Gerakan Pramuka berkedudukan di Ibu Kota Negara Republik Indonesia dan didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan dan ditetapkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961, sebagai kelanjutan dan pembaruan gerakan kepanduan nasional Indonesia.

Dari uraian di atas, jelaslah kini tentang pengertian dan perbedaan ketiga istilah tersebut. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa kepramukaan merupakan sebuah sistem pendidikan dan Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang melaksanakan sistem tersebut (kepramukaan). Sedangkan Pramuka mengandung pengertian sebagai anggota dari Gerakan Pramuka.

Jadi itulah Pengertiannya Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka. Semoga Bermanfaat Kakak !!!


Posting Komentar untuk "Pengertian Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka ? "