Random posts

Pramuka merupakan Jembatan Masa Depan

Dok : Hiking Saka Bakti Husada Jenu di Watu Lantai Plumpang - Tuban
Pramuka saat ini sudah sangat di kenal di masyarakat, 

Namun masih banyak pula yang enggan pula untuk ikut pramuka, tapi banyak juga yang sangat antusias melihat kegiatan di Pramuka, memang aneh tapi nyata, 

Pernah ada yang bilang apa sih manfaatnya ikut pramuka ?

Apa kalau ikut pramuka bisa sukses ?

Kegiatan hanya tepuk-tepuk, bernyanyi, bermain. 

Serta banyak sekali ungkapan yang terlontar 

Pertanyaan yang membuat tersenyum, Pernah saya bermain di Blora tepatnya di Kecamatan Randublatung. Disitulah letak pertemuan saya dengan seseorang yang bernama Kak Randu atau nama asli beliau Kak Sudarto. 

Beliau pernah mengatakan seperti ini 

Memang di Pramuka hanya bernyanyi,  tepuk-tepuk, dan bermain tapi semua itu adalah metode dan Proses. 

Pramuka itu Bukan cita-cita, coba kamu survei di anak-anak TK tanya satu persatu pasti cita-citanya ingin menjadi Dokter, Polisi, Arsitek, Pilot dan sebagainya. Apakah ada yang bercita-cita menjadi Pramuka. Tidak ada kan, Memang Pramuka itu bukanlah cita cita, tapi jembatan masa depan. 

Kenapa bisa di katakan jembatan masa depan, di Pramuka di didik, di bina dan ajarkan untuk menjadi seorang disiplin. ketika memasuki semua dunia pekerjaan disiplin itu menjadi salah satu kunci. 
contoh yang paling mudah. Kamu ingin jadi TNI. di Pramuka kamu di ajarkan segala hal untuk kepribadian di bina menjadi Disiplin, Jujur, Ulet dll. untuk  materi di Pramuka dapat LBB, Kompas, Navigasi, Sandi, Pertolongan Pertama, Wawasan Kebangsaan, Shimaphoe, Survival dan lain sebagainya. Materi tersebut juga di pelajari dan dugunakan  di dunia TNI jadi tidaklah sulit ketika sudah masuk di TNI,  karena anak Pramuka sudah mempunyai bekal tambahan sebelum masuk ke TNI. 

Selain di Pramuka itu juga ada namanya SAKA, 

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pandega, dan para pemuda usia 14-25 tahun dengan syarat khusus. 

Contoh jika kamu ingin masuk di TNI kamu daftar dan ikut di Saka Wirakartika. Ada Materi Tambahan mengenai Penanggulan Bencana, Mountenering, Survival dan lain lain

Ketika cita-citamu ingin menjadi Polisi masuklah di Saka Bhayangkara, Ada Materi Lalu Lintas, Olah TKP dan lain sebagainya.  Kemudian ketika kamu ingin menjadi Pilot ikutlah Saka Dirgantara, dan banyak Saka lain. 

Jadi, sangatlah banyak manfaatnya itu juga berlaku untuk semua pekerjaan. 
di Pramuka di ajari yang namanya Adminitrasi, Manageman dalam mengelola Organisasi, Belajar Manageman Keuangan, Belajar Percaya diri dalam memimpin dan berbicara di depan umum. Lengkap sudah ada di Pramuka. 

Tidak ada ruginya ketika ikut di Pramuka, tinggal kita saja mau ikut-ikutan saja di pramuka atau ikut dengan sungguh-sungguh dalam berlatih. agar dirimu di tempa menjadi jiwa yang matang. 

Beruntunglah kamu yang ikut bersungguh-sungguh dan di bina di Pramuka, Agar kelak engkau siap menghadapi masa depan yang cemerlang. 

Pramuka Bukanlah cita-cita, Namun Jembatan Masa Depan
Yaqinlah pada dirimu dan fokuslah belajar, 

Salam Pramuka !    

Post a Comment

0 Comments