Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja Perlengkapan perorangan ketika sedang kemah ?


Jelajah Alam Saka Bakti Husada Jenu ( Dok. Fasta ) 




Apa saja Perlengkapan perorangan ketika sedang kemah ?

Perlengkapan berkemah banyak sekali mengalami perubahan dan kemajuan sesuai dengan zaman, dahulu seorang ketika pergi berkegiatan kemah harus membawa tenda yang berat, bawa sarung, dan alat memasak yang besar kalau memasak ya alami masih menggunakan kayu kabar. Namun itu semua sudah beda zaman, sekarang kegiatan berkemah sudah di lengkapi dengan alat-alat yang canggih bisa di gunakan dengan praktis oleh seorang Pramuka.

Memilih kebutuhan perlengkapan sangatlah penting, karena selain untuk mempermudah dalam melaksanakan kegiatan berkemah juga harus di pikirkan secara fungsi dan jika terlalu banyak membawa alat juga menjadi berat. Jadi bawa dan pilihlah alat sesuai kebutuhan saja agar tidak terbebani dalam membawa perlengkapan pribadi. Ini baru perlengkapan pribadi belum lagi untuk kelompok.

Berikut daftar perlengkapan yang bisa kalian bawa ketika berkegiatan kemah :

1. Ransel

Carilah ransel yang di buat dari bahan ringan tetapi kuat dan tahan air. Ransel juga harus enak di pakai di punggung. Biasanya yang paling enak di pakai itu tas rancelnya pendaki itu sudah di desain untuk berkegiatan camping. Selanjutnya untuk tas rancel kalau bisa yang ada sela sela banyak ruangan tempat untuk menaruh barang. Jadi bisa di buat packing barang dengan ringkas dan tidak memakan tempat banyak. Besar kecilnya ransel di lihat dari kebutuhan selama berkegiatan berkemah ketika kegiatannya lama atau sebentar namun di haruskan membawa alat banyak ya harus di sesuaikan

2. Pakaian seragam pramuka lengkap

Untuk seragam biasanya membawa baju seragam pramuka lengkap 2 ( dua )  stel seragam jadi ketika nanti kotor bisa ganti baju, kemudian yang kotor bisa di cuci di tempat kemah.

3. Pakaian ganti kaos

Disarankan untuk membawa secukupnya sesuai kebutuhan, karena biasanya ketika berkegiatan berkemah sudah dapat kaos kegiatan jadi kaos ganti bisa di gunakan ketika santai saja. Bahan yang di gunakan harus dari bahan yang enak di pakai dan bahannya adem / nyaman ketika di pakai tidak panas dan kaku.  

4. Celana panjang ( Training suite )

Perlengkapan Celana Panjang ini juga tergantung jika serasa di haruskan membawa untuk kegiatan outdoor ya bisa jika tidak perlu ya tidak perlu di bawa.

5. Perlengkapan ibadah

Ini di sesuaikan dengan ajaran agamanya masing-masing ya kakak jika Islam ya membawa sarung, peci, baju taqwa dll. Begitu pula dengan agama lain. Perlengkapan ini harus di bawa  

6. Perlengkapan Mandi

7. Sisir dan jam tangan

8. Sandal karet / sandal gunung

9. Sepatu olah raga

Ini juga termasuk disarankan jika di butuhkan silahkan di bawa, namun biasanya karena ketika pramuka memakai sepatu PDH/PDL terlalu kaku. Jadi ketika kegiatan outdoor bisa menggunakan sepatu olahraga biar aman di kaki.

10. Jas Hujan Ponco

Ini sangat disarankan ketika musim hujan tiba, karena ketika kegiatan di tempat kemah masih bisa di lanjutkan. Apa lagi ketika kegiatan jelajah jas hujan ponco harus selalu di bawa agar ketika hujan datang bisa langsung menggunakan jas hujan.

11. Matras

Ini untuk alas duduk atau alas untuk tidur bila malam atau berjelajah. Carilah matras yang sudah di desain untuk kegiatan biasanya yang di pakai TNI atau para pendaki. Sudah banyak beredar di toko toko matras untuk kegiatan kemah.

12. Senter

Ini sering terlupakan, alat senter sangat berguna ketika kegiatan malam mau pergi ke suatu tempat yang gelap tidak perlu lagi khawatir karena penerangan jadi bawalah senter

13. Tas kecil atau pinggang

Tas ini berisi alat-alat nantinya yang sewaktu-waktu mendapat di butuhkan, khususnya tas ini juga harus di isi dengan PPPK Kits untuk obat pribadi atau kelompok jika membutuhkan
Perlengkapan Makan

14. Perlengkapan Pisau lipat, Gunting kecil, Gantungan pakaian, Korek Api dan lilin, kantung pplastik

15. Jaket Hangat

Perlengkapan ini juga banyak yang sudah banyak kemajuan, bisa menggunakan jaket yang biasanya di gunakan oleh para pendaki namun jangan yng terlalu tebal biar tidak terlalu tebal juga jaketnya, tergantung juga lokasi tempat kemahnya

16. Topi

Benda yang ini terkadang tersepelekan, namun sangat di butuhkan ketika waktu musim panas pas ketika waktu jelajah, selain untuk perlindungan diri dari terik matahari juga bisa untuk perlindungan ketika waktu hujan. Pilihlah topi yang bertepi lebar dan terbuat dari kain di sarankan yang tahan air.

17. Perlengkapan memasak

Carilah perlengkapan masak yang untuk ringan, seperti nesting, paravin untuk bahan bakarnya. Garpu dan sendok dll. Perlengkapan ini digunakan ketika waktu dalam perjalanan jelajah untuk memasak mie atau hanya sekedar membuat minuman hangat seperti kopi, teh dll.

Cukup itu perlengkapan Pramuka yang harus kalian bawa dan harus di pilih juga sesuai dengan kebutuhan di medan kegiatan. Terlalu banyak membawa peralatan juga memberatkan diri sendiri. Maksimalkan alat yang ada apa lagi bisa bekerja sama dengan tim kelompok agar bisa di bagi tugas, sehingga ringan di bawa.

Posting Komentar untuk "Apa saja Perlengkapan perorangan ketika sedang kemah ?"