Random posts

Biografi Kak Randu, Pramuka Sejati asal Blora


Dok. Kak Randu  berpose ( R Andy ) 

Biografi Kak Randu, Pramuka Sejati asal Blora

Kak Randu adalah nama julukan, beliau mempunyai nama asli Sudarto. Kak Randu di ambil dari nama kecamatan tempat iya tinggal yaitu Randublatung.  Pria kelahiran Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, Lahir  pada tanggal 20 Januari 1957. Agama yang dianut beliau Agama Islam.

Kak Randu yang bisa di panggil ini, dulu di kala Sekolah Dasar mengenyam pendidikan di Sekolah Rakyat selama enam tahun lulus pada tahun 1970, setelah itu melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 7 Surakarta Tahun 1971, Namun selang setahun pindah Ke Randublatung melanjutkan sekolah di SMPN 1 Randublatung lulus tahun 1973.

Kontingen Cepu - Blora 

Pada saat di usia Penggalang Kak Randu mengikuti kegiatan Jambore Nasional Pertama di Indonesia bersama Kontingen Kwarcab Blora Pada Tahun 1973 tepatnya di Situ Baru, Jakarta. Beliau bercerita dulu untuk berangkat ke kegiatan Jambore para peserta berbondong-bondong naik kereta menuju ke Jakarta. Kemudian sampai sana para peserta membersihkan lokasi perkemahan yang nantinya untuk mendirikan tenda. Banyak sekali kegiatan yang di ikuti hampir sama dengan sekarang ada kegiatan permainan, memanah dll. Cuma bedanya dulu masih sangat sederhana, namun keceriaan dalam pelaksanaan kegiatan sangat berkesan.  

Menginjak dewasa beliau melanjutkan pendidikannya di luar kota. Pendidikan Menengah Atasnya berada di SMA / Konservatori Karawitan Indonesia Surakarta selama 3 tahun sehingga tamat pada Tahun 1977.

Tidak berhenti kak randu  melanjutkan pendidikan seninya di Akademi Karawitan Indonesia empat Tahun lulus Tahun 1981. Banyak ilmu yang di dapatkan dalam dunia seni. Beliau memutuskan merantau ke Jakarta mengabdi menjadi Guru Honorer di SPG Negeri 2 Halimun dan SPG Negeri 1 Jakarta.

Selain sibuk mengajar beliau juga aktif membina Pramuka di SPG Negeri 2 Halimun dan SPG Negeri 1 Jakarta. Dalam kesempatan waktu Beliau menimba ilmu dunia Pramuka untuk menambah wawasan dan pengetahuannya sehingga Mengikuti KMD ( Kursus Mahir Tingkat Dasar ) Mahir 1, Selanjutnya Menempuh Mahir 2, dan Mahir 3 ( Mahir dan 3 Sekarang Menjadi Kursus Mahir Tingkat Lanjutan ).

Jaman dahulu selama Tahun 1981 dan awal 1982 aktif di Kwartir Cabang Jakarta Selatan. Ddulu belum ada Kursus Pelatih namun masih menggunakan istilah Aplikasi Pelatih terus penyesuaian KPD ( Kursus Pelatih Dasar ) dan KPL ( Kursus Pelatih Lanjutan ) di akhir tahun 1982. Beliau melaksanakan kursusnya di Pusdiklatnas ( Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional ) yang dulu menggunakan istilah PUSDIKA.

Mengawal Estafet Tunas Kelapa 

Aktifitas di hari tuanya tinggal di sebuah desa yang berada di Desa Wulung Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah. Kehidupan di masa tuanya Kak Randu sekarang mengabdikan dirinnya memberi semangat kepada adik-adik pramuka dengan cara ikut hadir dalam setiap kegiatan pramuka. Di umur yang sudah tidak lagi muda. Pernah ada sebuah kegiatan di Kwarcab Blora ada Kegiatan Pesta Siaga, Beliau mengayuh sepedah ontel dengan jarak 40 Km dari rumah menuju lokasi. Kemudian dengan teman setia sepedah Ontelnya ini Kak Randu ikut meramaikan dan mengawal kegiatan Estafet Tunas Kelapa. Kemana pun Kak Randu selalu naik sepedah onthel selain menyehatkan juga tidak menambah biaya lagi seperti bensin, kata beliau di akhir ceritanya.

Kak Randu Bersama Kak Ganjar Pranowo ( Gubernur Jateng ) 

Aneh mungkin, namun ini benar nyata apa adanya. Kak Randu setiap harinya menghabiskan waktunya selain menemani adik-adik pramuka, ikut mendampingi melatih tari. Dalam hidupnya di habiskan untuk bermain di media sosial. Beliau sangat aktif sekali. Bahkan Beliau adalah perintis/penggagas berdirinya Komunitas Gruop Pramuka Online yang anggotanya dari seluruh Indonesia. Tahun 2019 ini adalah tahun ke 6 berdirinya Komunitas Group Pramuka Online.

Kak Randu Bersama Kak Ridho ( Gubernur Lampang Periode 2014 - 2019 ) 

Dari Komunitas ini kak randu jadi semakin sering ke luar kota untuk memberi semangat kepada adik-adik bahkan juga sering di ajak atau di undang untuk hadir di kegiatan-kegiatan Daerah maupun Nasional untuk sekedar Kopi Darat dan mendengar petuah dari beliau.

Pada Acara Inbox di Jakarta 

Kak Randu Bersama Kak Robby ( Ketua DKN ) 

HUT GOL di Sumatra Utara 

Post a Comment

0 Comments