Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membangkitkan semangat latihan pramuka



kakfasta.com - Halo kak, Bagaimana kabarmu hari ini. Oh ya kemarin sempat ada yang bertanya tentang bagaimana sih kak caranya membangkitkan semangat latihan pramuka. tentu ini pertanyaan yang sering di tanyakan juga oleh kakak-kakak yang lain. 

Jadi begini, dalam sebuah latihan pramuka memang kalau kita hanya seperti itu saja atau monoton. peserta latihan pramuka pasti memiliki rasa jenuh. karena harus latihan dengan serius, tidak ada ketawanya, yang membina galak, tidak pernah ada tepuk baru dan banyak lagi alasan-alasan yang menjadikan latihan menjadi tidak seru dan membosankan. 

kali ini akan kami bagikan beberapa tips. hasil pengamatan dan yang sering kakak lakukan ketika waktu latihan rutin pramuka 

1. Menciptakan suasana yang riang gembira, namun jangan lupa serius 

Dalam setiap latihan pramuka haruslah riang gembira. seperti nyanyian disini senang disana senang dimana-mana hatiku senang. lah inilah kuncinya. maka setiap latihan harus kita bentuk suasana dengan cara memberikan candaan, tepuk-tepuk yang baru, lagu baru, permainan baru, dan semua materi di konsep sedemikian rupa dengan cara bermain. nanti pramuka akan terkesan menyenangkan. tidak melulu selalu di marahi. kecuali yang harus serius ketika latihan LBB, namun juga jangan terlalu serius tapi tetap harus santai dan fokus untuk melatih kedisiplinan. 

2. Bersahabatlah dengan semua anggota 

Setiap latihan pramuka jadikan mereka sahabat. ketika semuanya sudah kenal baik pasti melakukan akan lebih enak. biasanya yang terjadi kak kalau di tempat saya itu anaknya bandel / susah di atur sehingga membuat saya emosi. tenang hal seperti itu sudah biasa semua itu bisa teratasi kalau kita menjadi sahabatnya dengan cara apa mendekati terus dengan baik dan mengajak dengan baik. lama kelamaan dia akan luluh hatinya. sebetulnya nakal  atau bandel dia hanya butuh sebuah kasih sayang dan butuh di perhatikan. maka jika itu anak siaga atau penggalang sering sering saja di panggil di suruh memimpin tupuk atau nyanyian. 

3. Menciptakan susana baru dan menarik 

Latihan pramuka sebisa mungkin harus selalu menciptakan suasana baru dan menarik. banyak sekali yang bisa di lakukan dengan cara memberikan tepuk baru, lagu baru, permainan baru, materi yang belum pernah di dapat. konsep sedemikian rupa menariknya setiap latihan. 

Membuat lomba lomba ringan seperti lomba LBB antar regu nantinya di beri hadiah snack untuk yang juara. melakukan kegiatan jelajah alam, berenang dan bisa juga bermain menggunakan alat dengan media air, balon dan lain sebagainya yang bisa kamu cari di internet outbound kekompakan. sudah banyak tersedia contoh permainan disana. 

4. Jadikan dirimu senang baru ajak teman yang lain 

Memang di setiap latihan yang semangat kalau hanya pembinanya saja ya percuma sehingga harus melibatkan yang lain setiap anggotanya juga harus riang dan senang hatinya. kalau sudah datang latihan tapi kalau hatinya tidak senang dan tidak ikhlas. rugi banyak donk karena sudah capek capek tapi tidak dapat ilmu apa apa. maka senanglah ketika latihan suatu saat nanti akan memetik hasil dari latihan pramuka menjadi masa depan yang cerah. percayalah itu 

5. Melakukan latihan di tempat yang berbeda-beda 

Ketika melakukan sebuah latihan pramuka seharusnya adalah pendidikan di luar ruangan. jadi ketika materi bisa di lapangan, di bawah pohon atau keluar halaman sekolah mencari tempat yang sejuk dan teduh sehingga tercipta susana baru dan para peserta latihan tidak jenuh selalu dengan suasana di pangkalan. 

karena ketika sekolah sudah sering di dalam kelas. maka pramuka harus untuk menjadi solusi refresing para peserta didik dan berharap selalu mempunyai kisah cerita, pengalaman di latihan pramuka

6. Selalu melibatkan peserta dalam setiap aktifitas 

Melibatkan peserta dalam setiap aktifitas juga merupkan wujud kebanggan seseorang ketika di mintai bantuan. contoh dengan melibatkan peserta menjadi petugas apel. itu jangan selalu anak-anak itu saja.  sebisa mungkin selalu gantian agar membekas di hatinya atas keterlibatan dia pernah menjadi petugas. 

kemudian ketika waktu materi ada sebuah pertanyaan selalu ajak diskusi dengan peserta didik. Kalau ada anak yang super aktifnya itu salah satu tipe unik, jadi libatkan saja panggil secara pribadi dekati dan ajak kerjasama untuk mengondisikan menyiapkan anggota lainnya. 

memimpin tepuk atau lagu misalnya itu akan menjadi suasana baru dan semua akan bersorak karena yang memimpin itu adalah orang-orang yang menjadi sorotan di setiap latihan karena saking aktifnya, lucunya, lugunya dll. itu perlu di manfaatkan selain untuk melatih mental dan kepribadiannya. 

7. Hindari berdiam diri atau waktu kosong 

Biasanya yang sering terjadi ya karena bingung mau di beri apa. sehingga terdiam dan membisu. Segeralah mengajak bermain atau tepuk-tepuk dengan cara memberikan tepuk baru, lagu baru, dan kalau ahli ya membuat sebuah candaan ketika latihan. Kemudian waktu materi juga ada yang terkesan terlalu serius dengan cara memberikan materinya dengan cara menulis yang banyak. 

itu tidak perlu di lakukan secara berlebihan sebisa mungkin hindari hal-hal yang terlalu banyak menulis seperti menyalin materi yang banyak. jika sebuah sejarah berjalanan konsep dan belajar bercerita dari awal biarkan para peserta mendengarkan cerita dengan di sisipi bertepuk dll. tidak perlu sampai detail libatkan peserta didik agar mampu menjadi penasaran sehingga bisa mencari cerita lengkapnya di buku atau media internet. 

8. Konsep secara bagus rencana latihan dan lakukan dengan baik 

Semua penjelasan di atas memerlukan konsep yang baik. jadwal setiap latihan pertemuan latihan kali ini materinya apam di buat seperti apa penyampaiannya, permainanya apa, tepuknya apa, lagunya apa. sebisa mungkin biar tidak kehabisan stok permainan jadwalkan dengan baik, pertemuan ini permainan, tepuk dan lagu ini. pertemuan selanjutnya pun sama agar setiap latihan selalu ada hal baru yang tercipta.

Cukup itu ulasan cara membangkitkan semangat latihan pramuka. Bagaimana sudah bisa memahami. Kalau kamu bagaimana cara membangkitkan semangat latihan pramuka yuk bagikan pengalamanmu di komentar ya.  


Posting Komentar untuk "Cara membangkitkan semangat latihan pramuka "