Random posts

Isi Teks Dwi Dharma dan Dasa Dharma Pramuka

kakfasta.com - Halo kak, Semoga kita semua selalu di beri kesehatan oleh Allah SWT. kali ini kakak akan membahas mengenai apa sih isi teks Dwi Dharma dan Dasa Dharma Pramuka. Ketika kita awal masuk pramuka pasti kita selalu dengar kata-kata tersebut. biasanya juga selalu di ucapkan setiap awal pembukaan latihan. 

Dwi Dharma itu di peruntukkan anggota Siaga. Kalau Dasa Dharma itu di peruntukkan anggota Penggalang, Penegak, Pandega, serta anggota dewasa. 

Dwi Dharma adalah Dwi memiliki arti dua dan Dharma memiliki arti pengamalan. Jadi Dwi Dharma yaitu Dua pengamalan seorang pramuka siaga yang harus dilaksanakan dalam kehidupannya. 

Dasa Dharma adalah Dasa di ambil dari kata sedoso dari kata bahasa jawa, memiliki arti sepuluh sedangkan Dharma memiliki arti pengamalan. Jadi Dharma artinya sepuluh pengamalan atau anjuran perilaku pada seorang pramuka penggalang, penegak, pandega dan anggota dewasa yang harus dilaksanakan dalam kehidupannya.  

Adapun isi teks Dwi Dharma dan Dasa Dharma 

Dwi Dharma

1. Siaga itu menurut Ayah Bundanya
2. Siaga itu berani dan tidak putus asa.

Dasa Dharma 

Pramuka itu:
1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, terampil, dan gembira
7. Hemat, cermat, dan bersahaja
8. Disiplin, berani, dan setia
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

itulah isi teks Dwi Dharma dan Dasa Dharma pramuka. Isi teks ini mengacu pada AD ART Gerakan Pramuka. sedangkan Dasa Dharma sendiri semenjak awal berdirinya pramuka sudah beberapa kali mengalami perubahan, namun isi kandungannya hampir sama. hanya saja berbeda di pengucapannya  di kemas lebih baik lagi. 

Jika seorang anggota Pramuka baik dari Siaga - Anggota Dewasa mau mengamalkan isi kandungan dari Dwi Dharma dan Dasa Dharma bisa di katakan jika semuanya di lakukan dengan baik insya allah bisa menjadi pedoman berperilaku. Para perumus Dwi Dharma dan Dasa Dharma memang sangat luar biasa biasa merangkai anjuran pengamalan yang bisa di gunakan dalam menjalankan kehidupan. Bersyukurlah kita sudah bisa mengenal pramuka dan mengamalkan isi-isi kandungan yang ajarkan di gerakan pramuka. 

Cukup dari kakak, semoga bermanfaat jangan lupa bersyukur hari ini. 

Terima kasih, Salam Pramuka 

Post a Comment

0 Comments