Random posts

Tips Memilih Lokasi Berkemah Bagi Pemula

Lokasi Berkemah di Krawak ( Dok : Fasta ) 

Tips Memilih Lokasi Berkemah Bagi Pemula

Berkemah sudah menjadi kenikmatan tersendiri untuk berkegiatan di alam bebas. Namun masih banyak hal yang harus di persiapkan dan di pertimbangkan. Belum lagi jika tempat kemah atau lokasi bumi perkemahan belum pernah kita menempati lokasi itu. Harapannya ketika berkegiatan lancar dan aman agar bisa bisa menikmati liburan atau menikmati indahnya alam. Berangkat dan pulang dengan selamat, itukan harapan semua orang. Menempati kawasan orang kita juga tak boleh semaunya sendiri. Kita harus menjaga sikap dan tidak boleh merusak kondisi lingkungan sekitar.
Langkah-langkah yang harus di persiapkan

Carilah referensi tempat mana saja  lokasi berkemah

Lokasi berkemah saat ini ada dua di Bumi Perkemahan yang segala fasilitas sudah tersedia atau di lokasi berkemah di alam bebas langsung bisa di gunung, di hutan dan lain sebagainya. Catat daftar mana saja rencanamu untuk berkegiatan guna sebagai plihan. Mencari tempat lokasi bisa dengan cara menanyakan pada teman-teman atau bisa mencari di internet. Jaman sudah canggih jadi tidak ada kata kesulitan mencari informasi.


Lakukan penilaian dari segi keamanan lokasi, akses perairan, jalur evakuasi yang mudah

Setelah memilih daftar mana saja yang akan di gunakan lokasi berkemah, Lakukan penilaian dari segi keamanan lokasi. Apakah lingkungan sekitar aman dari gangguan manusia, hewan atau dari alam lain. Namun tak perlu khawatir jika kita tidak mengganggu insya allah semua akan aman terkendali.

Kemudian cari informasi bagaimana sumber perairan terkhusus untuk memasak, mandi atau kebutuhan alam setiap pagi. Selanjutnya pahami dan tanya mengenai jalur evakuasi jika terjadi hujan sangat lebat atau mendadak jika ada yang sakit. Jalur menuju posko kesehatan terdekat kamu sudah harus tahu, jika sewaktu-waktu terjadi kondisi yang harus segera di bawa rujukan ke Puskesmas, Polindes, atau bahka Rumah Sakit bisa langsung di tangani dengan baik.

Konsultasikan dengan pengelola bumi perkemahan. Mengenai tentang apa saja yang harus di persiapkan

Menggali informasi jika berada di Bumi Perkemahan biasanya bersamaan dengan Gudep lain. Sehingga harus di konsultasikan sebelah mana saja lokasi yang nantinya akan di tempati. Tanyakan juga mengenai MCK, Mushola, dan Kebutuhan listrik, sehingga ketika sudah pasti faslitas yang di dapat apa saja dan yang kurang nantinya bisa di lengkapi sebelum berangkat ke tempat bumi perkemahan. Untuk Lokasi Bumi perkemahan juga tanyai tarif biaya administrasinya ? karena setiap bumi perkemahan mempunyai tarif yang berbeda-beda sesuai fasilitas yang di dapat. Jika di alam bebas di lingkungan perhutani pasti tetap ada pengelolanya alangkah baiknya tetap harus berkomunikasi dengan baik dengan pengelola yang ada. Tanyai semua hal yang ada dan apa saja yang harus di antisipasi sehingga dapat mempersiapkan segala hal.

Kembali dan persiapan segala hal yang harus di siapkan sebelum berangkat Berkemah

Setelah menggali informasi dan memilih lokasi yang di tuju untuk menjadi tempat lokasi berkemah. Selanjutnya mempersiapkan segala hal mulai dari kesiapan panitia mapun peserta. Mulai dari Persiapan tenda, Perlengkapan Berkemah, Perlengkapan Kegiatan, Kebutuhan dan persediaan makanan dan minuman dan jangan lupa selalu bawa persiapan P3K untuk  kesehatan. Perlengakapan pribadi peserta mulai membawa sleeping bag, pakaian yang di perlukan tidak perlu banyak-banyak, bekal berkemah, perlengkapan kemah, dan obat pribadi jika mempunyai penyakit khusus yang sering kambuh, ini yang harus ekstra di perhatikan dengan baik. Lakukan pengecekan segala hal perlengkapan yang harus di bawa mungkin ada yang tertinggal jadi bisa melengkapi sebelum berangkat dan selalu bawa alat antisipasi dan mendapat bekal materi survival.   

Menuju Lokasi Berkemah

Persiapan dan perlengakapan berkemah sudah di siapkan, saatnya menuju ke lokasi Bumi Perkemahan atau tempat kemah. Pilihlah lokasi tempat mendirikan tenda yang aman, tanah datar, tidak ada sarang labah, semut merah dan tempat serangga lain, tidak lembab karena lokasi tanah yang lembab di khawatirkan ketika waktu ada hujan dan ada petir bisa menjadi penghantar. Lihatlah arah angin dirikan lokasi tenda agar ketika ada angin tidak rusak.

Dirikan tenda dengan rapi. Petakan lokasi perkemahan mana lokasi bumi perkemahan Putra, Bumi Perkemahan Putri, Sekertariat, Posko Kesehatan, Lokasi Dapur umum dan lain lain. Desain lokasi perkemahan dengan sebaik mungkin. Setiap tenda perintahkan membuat jalur ketika waktu musim hujan untuk jalannya air, buatlah satu tempat sampah dengan menggunakan plastik merah besar. kemudian para peserta membawa garam nantinya di sebarkan atau di taburkan di sekeliling tenda. Gunanya untuk menghalangi binatang buas mendekat seperti ular, kalajengking dll.

Kemah selesai, tidak boleh meninggalkan sampah

Budayakan setiap kali setelah melaksanakan kegiatan berkemah. Datang dalam keadaan persih dan pulang juga dalam keadaan bersih. Mulai dari lokasi yang semula datar dan rapi ketika pulang juga harus sama dengan kondisi yang rapi. Sampah di kumpulkan di buang di lokasi pembuangan akhir. Kenapa seperti itu, karena merupakan wujud implementasi dari cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Dimanapun engkau berada jangan tinggalkan jejak yang buruk.

Cukup sekian tips dan trik pengalaman dalam mempersiapkan segala hal dalam memilih lokasi perkemahan. Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments