Random posts

Pengertian, Umur dan Tingkatan Golongan Siaga - Blogger Pramuka

 

Pengertian, Umur dan Tingkatan Golongan Siaga - Blogger Pramuka

Pengertian, Umur dan Tingkatan Golongan Siaga – Kali ini akan belajar apa itu Siaga. Siaga adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 07 – 10 tahun. Pada usia tersebut anak-anak memiliki sifat unik yang sangat beraneka. Pada dasarnya mereka merupakan pribadi-pribadi aktif dan tidak pernah diam.  

Sifat unik Siaga merupakan kepolosan seorang anak yang belum tahu resiko dan belum  dapat diserahi tugas dan tanggung jawab secara penuh.

Sifat yang cukup menonjol adalah keingintahuan (curiosity) yang sangat tinggi, senang berdendang, menari dan menyanyi, agak manja, suka meniru, senang mengadu, dan sangat suka dipuji.

Kehidupan siaga masih berkisar di seputar keluarga sebagai pusat aktivitasnya. Atas dasar hal tersebut pembinaan pramuka Siaga dikiaskan sebagai “keluarga bahagia” di mana terdapat ayah, ibu, kakak dan adik.

Wadah pembinaan pramuka Siaga disebut Perindukan Siaga yang mengkiaskan bahwa anak seusia siaga masih menginduk pada ayah dan bunda (keluarga). 

Hal ini diperjelas dengan formasi pada upacara pembukaan dan penutupan latihan Siaga. Formasi barisan pada upacara pembukaan dan penutupan latihan Siaga adalah berupa lingkaran di mana Pembina berada di dalamnya, berdiri di tengah lingkaran di belakang bendera.

Bentuk lingkaran menyiratkan dunia Siaga yang masih dilindungi dan dibina sepenuhnya oleh pembinanya.  Hal ini  memberi makna bahwa di dalam pembinaan Siaga, porsi terbesar adalah Ing ngarsa sung tulada, atau di depan memberi teladan/contoh, sedangkan porsi ing madya mangun karsa dan tut wuri handayani porsinya lebih kecil.  

Bentuk upacara ini juga mengkiaskan bahwa norma dan tata-nilai bagi Siaga mengikuti cermin kepribadian Pembinanya.

Umur Golongan Siaga, Anggota Pramuka yang berusia 7-10 tahun.

Kemudian tingkat kecakapan umum bagi Pramuka Siaga yakni:

Siaga Mula

Siaga Bantu

Siaga Tata

Siaga Garuda

Dalam menempuh kecakapan umum pada golongan Siaga harus menempuh SKU.

SKU adalah Syarat Kecakapan Umum yang wajib dimiliki oleh Siaga untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum yang merupakan alat pendidikan sebagai perangsang dan pendorong untuk memperoleh kecakapan yang berguna bagi kehidupannya.

Selanjutnya Tingkat pengadopsian nilai-nilai kepramukaan dan keterampilan dilakukan melalui pendadaran menempuh Syarat Kecakapan Khusus (SKK).

Syarat Kecakapan Khusus Siaga.

Selain kecakapan umum Siaga dapat mengambil kecakapan khusus yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Secara umum Syarat Kecakapan Khusus ada tingkatan yakni tingkat:

Purwa

Madya

Utama

 


Post a Comment

0 Comments