Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jualan Online Laris di Whatsapp

 

Cara Jualan Online Laris di Whatsapp

Cara Jualan Online Laris di Whatsapp

KAKFASTA.COM - Aplikasi Whatsapp saat ini menjadi aplikasi paling populer untuk chatingan, sehingga potensi peluang berjualan menggunakan aplikasi ini juga sangat besar. 

Hampir semua pengguna smartphone di Indonesia rata rata salah satunya menggunakan aplikasi whatsapp untuk berkomunikasi meskipun juga ada aplikasi lain. 

Kemudahan cara penggunaan aplikasi ini juga memudahkan para pengguna bagi yang pemula juga mudah beradaptasi. 

Yuk, sekarang kita bahas jurus jualan online menggunakan whatsapp. Jurus ini cocok untuk pemula


Bagaimana cara jualan online laris di Whatsapp

Sebelum berjualan di aplikasi Whatsapp kita perlu tahu dulu, Aplikasi whatsapp ini ada 2 Jenis, Yaitu Whatsapp dan Whatsapp Business. Kedua aplikasi itu bisa di install melalui play store. 

Langkah awal dalam menjalankan jualan online. 

- Daftar Whatsapp Business

Kamu langsung aja masuk ke Playstore, kemudian install Whatsapp Business. Alasan kenapa memilih aplikasi ini karena ini di khususkan untuk jualan. 

Ada beberapa fitur yang bisa di manfaatkan, ada pofil Bisnis, katalog, fitur balas otomatis, fitur balas cepat, dan paling beda disini juga beriklan nantinya akan sambung di aplikasi facebook dan instagram. 

- Lengkapi Profil Whatsapp 

Untuk kebutuhan Bisnis alangkah baiknya, lengkapi profil kita jika jualan produk umkm bisa makai foto ownernya atau logo produknya. 

Langkah berikutnya isi user nama, pilih kategori bisnis kamu, terus tulis bio atau diskripsi produk yang kamu jual

Ada fitur alamat bisnis yang bisa kamu isi dan nantinya bisa langsung tahu lokasi usaha kita. 

Kemudian ada fitur Jam Kerja untuk mengetahui lebih mudah, pelanggan mengetahui jam operasional usaha kita. 

Terakhir bisa di isi juga email, website dan paling penting bisa kita masukkan instagram jualan kita. 


Cara Jualan Online di Whatsapp 

Ada banyak sekali cara-cara yang dibagikan oleh teman-teman yang lain sesuai dengan pengalaman yang didapatkan. kali ini saya akan berbagi mengenai bagaimana cara jualan online makin laris di Whatsapp

Perbanyak Teman di Whatsapp

Makin banyak teman, makin besar pula peluang untuk terjual produk kita. tidak melulu teman kita selalu kita tawari produk kita. 

cukup di kenalkan dan suatu saat jika butuh dan kita tawarkan dengan ramah pasti kedepan jika ada yang butuh bisa beli atau merekomendasikan produk kamu.  

Perbanyak teman yang di simpan di kontak Whatsapp, dengan cara apa, 

Pertama bisa ketika main ke warung-warung bisa kenalan dengan orang baru atau teman sekolah dulu bisa untuk di simpan itu lebih baik. 

Kedua, kamu bisa ikut event-event yang berpotensi untuk bisa kenal orang baru lagi, event ini bisa secara offiline atau online. 

Ketiga, Gabung ke komunitas-komunitas jual beli untuk menambah jaringan pertemanan semakin luas. Jangan lupa ketika sudah masuk di grup kamu harus aktif komen dan berbagi informasi lain yang tak melulu soal produk kita saja. 

Bangunlah Komunikasi yang menyenangkan dengan semua orang, komunikasi yang menyenagkan dengan bercanda atau berdiskusi di luar topik jualan sekali waktu tawari jika ada produk yang butuh bisa di rekomendasikan.  

Jadi dari langkah tersebut kita bisa menambah banyak sekali kontak Whatsapp pertemanan kita. 


Cara Jualan di WA Story 

Setalah membangun jaringan menambah pertemanan ini menjadi kunci potensi peluang untuk berjualan produk anda. 

Rajinlah berbagi informasi yang menarik, menyenangkan, menghibur yang bisa kamu share di story whatsapp. Bisa tentang produk, atau informasi lain yang lagi viral namun positif. 

Tadi di jelaskan selain kita aktif komen di grup juga aktif pula, komen di story teman memberikan respon positif. Namun tidak harus semua postingan di komen ya. jika yang perlu perlu saja. 

Namun melihat story orang lain juga penting untuk mengetahui tentang kebutuhan dia atau kesukaan dia. 

Jadi Rajin posting itu kuncinya. Minimal paling parah sehari saja tapi ya jangan hanya gambar terus posting begitu saja. Tetap ada kata katanya 


Tawarkan ke teman lewat Japri 

Langkah ini melanjutkan tips di atas, sebelum kita japri teman kita. ya kita bangun komunikasi juga melalui melihat story dan komen story teman. 

Nah, dari sini mempermudah komunikasi kamu untuk menawarkan produkmu. jadi habis komen storynya habis di balas, bisa di kasih informasi mengenai produkmu

Contoh : aku jualan produk ini, kalau ada yang minat kabari saya ya, ini perkataan yang halus tujuannya biar jadi marketing kamu untuk berjualan. 

Ini dalam rangka untuk menjaga perasaan teman kita, seumpama kalau tidak minat beli kan tidak perlu merasa tidak enak, tapi kalau minat ya itu tandanya gerbang jualan laris terbuka. 

Langkah berikutnya juga bisa minta bantuan untuk di buat story teman tapi jangan sering-sering dan lihat temannya kalau suka dengan senang mau melakukan ya baik baik saja. 

Cara ini untuk menjaga tali pertemanan di media sosial 


Jual produk melalui grup grup Whatsapp 

Langkah ini pula melanjutkan cara di atas, cara memperbanyak kontak Whatsapp di jelaskan juga ikut aktif di event offile dan online. 

Nah, cara ini kita harus aktif di semua grup jual beli atau komunitas yang bisa sesekali kita tawarkan di produk anda.

Kalau tidak pernah aktif, terus anggota grup banyak yang tidak kenal dengan kamu. Otomatis postinganmu di lewati begitu saja. 

Namun kalau kita sudah menjalin hubungan baik, dengan cara sering komunikasi di grup, lewat japri kalau posting juga akan lebih mudah dan enak. 

Gabunglah di grup grup komunitas UMKM di daerahmu, ini juga berpotensi besar bisa saling beli sesama pelaku UMKM. 


Pilih Metode Pembayaran yang praktis 

Dalam dunia bisnis online, hal terpenting dalam bertransaksi Mode Pembayaran yang praktis dan mudah juga sangat berpengaruh. 

Kamu bisa transaksi menggunakan ATM, OVO, DANA, GoPay,  Qris dan masih banyak terserah pilih yang mana yang mudah dan familiar saja. 


Respon yang cepat dan ramah 

Respon terhadap calon konsumen kita juga harus yang ramah, meskipun hanya baru tanya tanya produk kamu, tetap harus di jawab dengan detail, dan mudah di fahami. 

Ini sudah menjadi kesan yang baik terhadap calon calon konsumen, kesabaran dan keramahaan kamu dalam melayani pertanyaan juga menetukan ikatan emosi yang ada. 

Jangan lupa di whatsapp ada fitur emoticon selalu berikan emoticon senyum, atau berjabat tangan ketika akhir. terkhusus calon konsumen itu lebih tua. 

Selalu dahulukan kata maaf ketika anda mau bertanya dan tutup percakapan dengan ucapan terima kasih ketika calon konsumen sudah selesai bertanya. 

Berilah kesan yang baik dan ramah, perumpamaan di balik saja. Kalau anda pergi ke sebuah toko dan mau membeli sesuatu . 

Kalau pelayannya tidak ramah atau cuek. Meskipun barangnya di situ bagus bagus belum tentu mau balik lagi ke toko itu.

Apa lagi kalau banyak kompetitor sebelahnya yang produknya juga bagus dan pelayanannya ramah. 


Cukup itu tips berbagi cara jualan online laris di Whatsapp, Semoa Bermanfaat 

Posting Komentar untuk "Cara Jualan Online Laris di Whatsapp"