Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sifat dan Fungsi Kepramukaan - Materi Pramuka

 

pengertian sifat dan fungsi kepramukaan Sifat Kepramukaan  Pengertian Pramuka  Materi Kepramukaan

Pengertian Sifat dan Fungsi Kepramukaan 

MATERI PRAMUKA - Halo kakak kakak pramuka kali ini kita akan membahas tentang hal yang paling dasar di kepramukaan. kita akan membahas tentang apa sih pengertian, sifat dan Fungsi Kepramukaan. 

Mungkin dari kita semua sudah sering sekali mendengar istilah-istilah di atas, kali ini akan kita bahas pengertian di atas yang kami ambil dari berbagai sumber buku antara lain dari buku Boyman yang menjadi rujukan pramuka saat ini.  

Yuk sekarang kita simak pembahasannya sebagai berikut

Pengertian Kepramukaan 

Kepramukaan menurut Lord Baden Pawell versi terjemahannya yaitu Kepramukaan itu bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari dengan tekun, bukan pula merupakan kumpulan ajaran-ajaran dan naskah-naskah dari suatu buku. Bukan ! kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka. 

Tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan bagaikan kakak adik, membina kesehatan dan kebahagiaan, keterampilan dan kesediaan untuk memberi pertolongan bagi yang membutuhkannnya. 

dari penjelasan Baden Powell kita akan dapat mengambil makna, Kepramukaan adalah suatu permainan yang mengandung pendidikan. Pendidikan apa ? yang paling mendasar adalah pembinaan watak ( karakter  / mental ). 

Dengan adanya pembinaan karakter Gerakan Pramuka harapannya dapat memberikan sumbangsih positif terhadap negara tentang pendidikan karakter yang nantinya menjadi generasi yang berkualitas dan menjadi calon calon patriotis. 

Sifat Kepanduan 

Resolusi konferensi kepramukaan sedunia pada tahun 1924, bertempat di Kopenhagen. Denmark. Menyatakan bahwa kepramukaan mempunyai tiga sifat yaitu : 

Nasional, artinya kepramukaan itu diselenggarakan di masing-masing negara disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara tersebut. 

Internasional, artinya kepramukaan harus dapat mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antar sesama anggota kepanduan ( pramuka ) seluruh dunia dan sebagai sesama manusia. 

Universal, artinya kepramukaan itu dapat berlaku untuk siapa saja serta dapat diselenggarakan dimana saja. 


Sifat Kepramukaan 

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotannya bersifat sukarela, mandiri, tidak membedakan suku, ras, golongan, dan agama 

Gerakan Pramuka bukan organisasi sosial-politik, bukan bagian dari satu organisasi sosial-politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis. 

Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotannya untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing serta beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu. 


Fungsi Kepramukaan 

Gerakan Pramuka berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan nonfromal di luar sekolah dan di luar keluarga dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kaum muda dengan menerapkan prinsip Dasar Kepramukaan dan metode kepramukaan serta berlandaskan sistem among. 

Gerakan Pramuka berfungsi sebagai wadah untuk mencapai tujuan pramuka melalui : 

a. pendidikan dan pelatihan pramuka 

b. pengembangan pramuka 

c. pengabdian masyarakat dan orang tua 

d. permainan yang berorientasi pada pendidikan 


Tujuan Gerakan Pramuka 

Gerakan Pramuka memiliki tujuan untuk membentuk setiap pramuka agar  memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia. berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup. 


Itulah tadi penjelasan tentang Pengertian Kepramukaan, Sifat Kepramukaan, Fungsi Kepramukaan, danTujuan Kepramukaan. Semoga dapat menjadi acuan dalam berproses di pramuka. 

Semoga Bermanfaat 

Salam Pramuka 

Posting Komentar untuk "Pengertian Sifat dan Fungsi Kepramukaan - Materi Pramuka "